RPP IKATAN KOVALEN
OLEH:
ZAKI KURNIANSYAH
(F17111008)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
|
Identitas
Identitas Sekolah
|
: SMA / MA
|
|
Mata Pelajaran
|
: Kimia
|
|
Kelas /Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
|
: X / 1
: ikatan kimia
:1 x 45 Menit
|
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator:
KD dari KI 1:
1.1 Menyadari adanya
keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud
kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi
sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya
bersifat tentatif.
Indikator:
1.1.1
Mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha
Esa dengan adanya ikatan kimia.
KD dari KI 2:
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran,
cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat
dalam memanfaatkan sumber daya alam.
Indikator:
2.2.1
sikap
kerja sama (dapat bekerja sama dalam berdiskusi)
2.2.2
sopan
santun (Berkata sopan santun dalam menyanggah dan bertanya saat dikusi)
2.2.3
saling
menghargai ( saling menghargai pendapat teman saat mendapatkan masukan)
2.2.4
Ketekunan
atau keuletan dalam belajar baik secara kelompok dalam menyelesaikan masalah
KD dari KI 3:
3.5 Membandingkan
proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi,dan
ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom,
ion, molekul) materi dan hubungannya dengan
sifat fisik materi.
Indikator:
3.5.1
mendeskripsikan proses terjadinya ikatan kovalan.
3.5.2
Mengetahui
unsur dari golongan mana saja yang dapat membentuk ikatan kofalen
3.5.3
membedakan macam-macam ikatan kovalen
KD dari KI 4:
4.5 Mengolah dan
menganalisis perbandingan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen,ikatan
kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi
antar partikel (atom, ion, molekul) materi
dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
Indikator:
4.5.1
mengamati gambar ikatan kovalen antara H dan O dan
membentuk senyawa kovalen H2O, sehingga mampu menarik
kesimpulan tentang proses terjadinya ikatan kovalen
C. Tujuan Pembelajaran
1. dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan konsep dasar
dalam pembentukan ikatan kovalen.
2. Dengan diskusi dan presentasi kelompok, siswa dapat memahami dan membedakan antara ikatan kovalen tunggal, ikatan
kovalen rangkap dua, ikatan kovalen rangkap tiga dan ikatan kovalen koordinasi.
3. Mengembangkan perilaku kerjasama,
sopan santun dan saling
menghargai pendapat melalui kegiatan diskusi kelompok dan tanya jawab.
D. Materi Pembelajaran
Ikatan Kovalen
Ikatan kovalen
dapat terjadi antara unsur nonlogam
dengan unsur nonlogam lain dengan
cara pemakaian bersama pasangan
elektron. Jadi secara langsung ikatan
ini bersifat nonelektrostatik.
Adakalanya dua atom dapat menggunakan lebih dari satu pasang elektron. Apabila yang digunakan
bersama dua pasang atau tiga pasang maka akan terbentuk ikatan kovalen rangkap dua atau rangkap
tiga. Jumlah elektron valensi yang digunakan untuk berikatan tergantung pada kebutuhan tiap atom
untuk mencapai konfigurasi elektron seperti gas mulia (kaidah Duplet atau Oktet).
Penggunaan bersama pasangan elektron digambarkan oleh Lewis menggunakan titik elektron.
Rumus Lewis merupakan tanda atom yang
di sekelilingnya terdapat
titik (·), silang (×),
atau bulatan kecil (• atau
). Tanda ini menggambarkan elektron valensi atom yang bersangkutan. Oleh karena itu,
rumus ini sering
disebut sebagai rumus elektron atau titik elektron.
Langkah-langkah
untuk menulis rumus
molekul Lewis sebagai
berikut.
a.
Menuliskan simbol atom unsurnya.
b.
Menentukan
jumlah elektron valensi atom
tersebut.
c.
Meletakkan titik (·), silang (×), atau bulatan kecil (• atau
) yang mewakili elektron valensi pada
sisi simbol atom.

berdasarkan bentuk ikatannya, ikatan kovalen dibedakan menjadi tiga, yaitu kovalen normal, kovalen koordinasi, serta kovalen polar dan nonpolar.Coba perhatikan gambar dibawah ini, yaitu
tentang terjadinya ikatan kovalen antara atom Hidrogen dan atom Oksigen. Atom
oksigen mempunyai 6 elektron valensi, dan terdapat 2 elektron yang tidak
berpasangan sehingga Atom O memerlukan 2 atom Hidrogen (karena atom Hidrogen
hanya memiliki satu elektron yang tidak berpasangan) agar menjadi stabil
sehingga terbentuklah molekul H2O

Selain pembentukan ikatan kovalen dengan sesama molekul
seperti molekul H2, ikatan kovalen juga dapat terjadi antara dua
molekul yang berbeda yaitu molekul air (H2O). H2O terdiri
dari dua atom hidrogen yang menggunakan pemakaian bersama elektronnya dengan
satu atom Oksigen. Proses pembentukannya adalah sebagai berikut:

Jenis-jenis ikatan kovalen
A.
Ikatan
kovalen tunggal,
terbentuk dari pemakaian sepasang elektron yang digunakan
bersama untuk berikatan. Contoh ikatan kovalen tunggal adalah:




Jadi
satu atom hidrogen menjadi memiliki dua elektron jika atom hidrogen berikatan
kovalen dengan atom hidrogen yang lain. Sehingga atom hidrogen menjadi molekul
H2. Hal yang sama juga dialami oleh unsur halongen pada
golongan 7A. Contohnya adalah sebagai
berikut:
Cl2
Br2 I2
Simbol
yang digunakan dalam ikatan kimia adalah "-" untuk menunjukkan ikatan
antara satu atom dengan atom yang lain. Sebagai contoh,
H-H ikatan seperti ini disebut molekul hidrogen" dan Cl-Cl adalah molekul
klorida." Garis diantara dua atom menandakan bahwa pemakaian secara
bersama dua elektron pada molekul
tersebut.
B. Ikatan kovalen ganda,
Ikatan
kovalen ganda, terbentuk dari dua pasang elektron yang dipakai secara
bersama-sama untuk berikatan. Contoh ikatan kovalen ganda adalah:


Sebagai contoh misalnya atom Oksigen. Satu atom Oksigen
memerlukan dua elektron untuk membentuk ikatan O2 untuk menjadi
seperti unsur gas mulia (Neon). Maka ketika dua atom Oksigen berikatan satu
sama lain terjadilah pemakaian dua pasang elektron secara bersama dan total
seluruh elektron adalah empat sehingga terbentuk ikatan O2. Perhatikanlah
gambar dibawah ini, yaitu bagaimana terbentuknya ikatan antara dua atom
Oksigen.

Dua atom oksigen, menjadi ikatan yang stabil dengan
pemakaian bersama dua pasang elektron. Sebagai contoh perhatikan diagram dibawah ini.

Ikatan kovalen ganda, ditunjukkan dengan dua garis yang
berhubungan dengan kedua atom tersebut. Satu garis menunjukkan pemakaian
sepasang elektron bersama. Molekul oksigen terbentuk dari dua atom yang
menggunakan satu pasang elektron secara bersama. Pemakaian sepasang elektron
secara bersama disebut ikatan kovalen ganda.
Contoh lain dari ikatan kovalen ganda adalah Karbon Dioksida, CO2
Oxygen
molecule formed by two atoms sharing one pair of electrons. This Oxygen

C.
Ikatan
Kovalen Rangkap tiga
Ikatan
Kovalen Rangkap tiga, terbentuk dari tiga pasang
elektron yang dipakai secara bersama untuk berikatan. Contohnya
N º N


Perhatikan
gambar diatas, terlihat bahwa tiga pasang elektron dari atom nitrogen,
memerlukan delapan elektron unt
IKATAN KOORDINASI
Tidak
semua ikatan kovalen yang terjadi, elektron-elektronnya diperoleh dari sumbangan atom-atom
yang membentuk ikatan.
Beberapa molekul ada yang
pasangan elektronnya berasal dari salah
satu atom saja, sedang
atom lainnya menggunakan pasangan elektron
itu untuk berikatan. Molekul NH3 mempunyai
satu pasang elektron
yang belum digunakan
bersama, sedang ion H+ dapat menerima
satu pasang elektron
untuk menjadi lebih stabil karena
mempunyai konfigurasi elektron
helium. Oleh karena
itu pasangan
elektron tersebut dapat digunakan
bersama
oleh
molekul
NH3 dan ion
H+
sehingga terbentuk ion amonium, NH4 Ikatan antara NH3 dengan ion

Gambar 13. Pembentukan Ikatan Kovalen Koordinasi pada
|
Ion Amonium,
NH +
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific
Strategi : Kooperatif
Metode : diskusi, pemecahan masalah.
F. Media dan Sumber Belajar
·
Gambar
·
Buku-Buku Kimia SMA Kelas X
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
I. Pendahuluan (fase orientasi) (5 menit):
a.
guru masuk kelas dan menberi salam
b.
guru meminta siswa memimpin do’a.
c.
Guru memberikan apersepsi untuk memahami
siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik yang akan dibahas dan menggali pengetahuan awal
siswa, seperti:
·
Minggu lalu kita sudah sama-sama belajar tentang ikatan ion. Ibu
ada membawa garam dapur, ada yang ingat apa rumus molekul dari garam dapur?
·
Garam dapur terdairi atas unsur Na dan Cl. Coba apa masih ada yang
ingat proses dan jenis ikatan pada garam, (guru menunjuk 1 orang siswa yang
memngkat tangan untuk menjelaskan)
·
Sekarang ibu membawa air, ada yang tau apa rumus molekul dari air?
(guru menunjuk 1 orang yang berani mengangkat tangan)
·
Nah Air terdiri atas unsur H dan O, coba apakah air bisa membentuk
ikatan seperti ikatan pada garam?
·
Nah itulah yang akan kita pelajari pada hari ini.
d.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Dengan mempelajari pelajaran ini kita akan konsep dasar
dalam pembentukan ikatan kovalen dan nantinya
kita dapat membedakan jenis-jenis dari ikatan kovalen
tersebut, Serta kita dapat mentukan jenis ikatan pada air.
II. Kegiatan Inti:
a.
Fase eksplorasi – imajinasi ( 20 menit)
·
Guru menunjukan gambar terjadinya ikatan kovalen pada molekul air
(H2O), siswa di minta mengamati dan mengemukakan pendapat tentang
apa yang di lihat dari gambar tersebut
·
Guru bersama siswa menyimpulkan tentang konsep dasar terjadinya
ikatan kovalen berdasarkan gambar dan beberapa pendapat dari siswa.
·
Guru membagi siswa dalam 4 klompok.
·
Guru memberikan lembar kerja
siswa yang berisi perintah dan petunjuk untuk mengarjakan masalah secara
berkelompok. Masing-masing kelompok di berikan satu soal yang berbeda dan diminta bekerja sama dalam berdiskusi dalam
kelompoknya. Kemudian siswa diminta tekun
dan ulet dalam menyelesaikan masalah yang diberikan
sehingga tugas yang diberikan bisa selesai tepat waktu
· Guru berkeliling sambil membawa penilain serta memberi
bimbingan pada kelompok. Bimbingan diberikan bila ada kesulitan dari siswa
b. Fase internalisasi (15 menit)
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi berdasarkan
urutan kelompoknya.
·
Siswa dari kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan komentar atau menanggapinya dengan bahasa yang baik dan sopan santun santun. Dalam
berkomentar/menanggapi, siswa diminta
untuk menyebutkan nama kelompok serta identitas diri berupa nama.
·
Kelompok yang mempresentasi diminta menjawab pertanyaan kelompok
lain. Jika ada saran dan komentar dari kelompok lain kelompok yang presentasi
diminta untuk bersikap saling menghargai dan menerima semua masukan
dari teman-temannya.
Catatan: Waktu presentasi dan komentar
dari anggota kelompok lain tidak lebih dari – menit
12 menit
·
Guru bersama siswa menyimpulkan dari hasil keseluruhan presentasi
( 3 menit)
III. Penutup (fase evaluasi) ( 5 menit)
·
Guru melakukan review terhadap hasil kerja siswa dan melakukan refleksi dengan
meminta pendapat siswa apa yang ia dapatkan pada hari ini.
·
Guru memberikan evaluasi berupa tugas rumah halaman
57 tentang ikatan kovalen dan dikupulkan pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan
salam.
H. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Tes hasil belajar (penguasaan konsep) kimia menggunakan soal pemecahan masalah yang dikerjakan
pada lembar kerja siswa yang
dilakukan secara berkelompok.
2. Penilaian keterampilan
dan sikap dalam diskusi menggunakan instrumen
pengamatan perilaku
3.
Penilaian saat presentasi menggunakan instrumen pengamatan presentasi
I.
Lampiran
Tabel 1 Permasalahan yang di pecahkan kelompok
No
|
Nama Kelompok
|
Soal yang di bahas
|
Jawaban
|
|
Struktur lewis
|
Jenis ikatan kovalen
|
|||
1
|
Kelompok 1
|
CH4
|
|
Ikatan kovalen tunggal
|
2
|
Kelompok 2
|
CO2
|
|
Ikatan kovalen rangkap dua
|
3
|
Kelompok 3
|
N2
|
|
Ikatan kovalen rangkap tiga
|
4
|
Kelompok 4
|
HNO3
|
|
Ikatan kovalen koordinasi
|
Tabel 2. Lembar
Kerja Siswa
LEMBAR KERJA SISWA
|
KELOMPOK 1
Tentukan jenis ikatan pada CH4
1. Tentukan
konfigurasi dari C
2. Tentukan
konfigurasi dari H
3. Buat
lah struktur lewis dari C dan H
4. Susunlah
atom C dan H sehingga semua atom saling berikatan
5. Pastikan
semua atom dapat setabil dengan aturan oktet dan duplet
Konfigurasi C=.............
Konfigurasi H=...............
Struktur lewis C=
Struktur lewis H=
Rangkaian struktur setelah berikatan=.........................
Karena ada ........ elektron yang
di pakai bersama maka , ikatan yang terjadi pada CH4 adalah
ikatan...........................................
|
Kelompok 2
Tentukan jenis ikatan pada CO2
1. Tentukan
konfigurasi dari C
2. Tentukan
konfigurasi dari O
3. Buat
lah struktur lewis dari C dan O
4. Susunlah
atom C dan O sehingga semua atom saling berikatan
5. Pastikan
semua atom dapat setabil dengan aturan oktet dan duplet
Konfigurasi C=.............
Konfigurasi O=...............
Struktur lewis C=
Struktur lewis O=
Rangkaian struktur setelah berikatan=.........................
Karena
ada ........ elektron yang di pakai bersama maka , ikatan yang terjadi pada
CH4 adalah ikatan...........................................
|
Kelompok 3
Tentukan jenis ikatan pada NH2
1. Tentukan
konfigurasi dari N
2. Tentukan
konfigurasi dari H
3. Buat
lah struktur lewis dari N dan H
4. Susunlah
atom N dan H sehingga semua atom saling berikatan
5. Pastikan
semua atom dapat setabil dengan aturan oktet dan duplet
Konfigurasi N=.............
Konfigurasi H=...............
Struktur lewis N=
Struktur lewis H=
Rangkaian struktur setelah berikatan=.........................
Karena ada ........ elektron yang
di pakai bersama maka , ikatan yang terjadi pada CH4 adalah ikatan...........................................
|
Kelompok 4
Tentukan jenis ikatan pada HNO3
1. Tentukan
konfigurasi dari H
2. Tentukan
konfigurasi dari N
3. Tentukan
konfigurasi dari O
4. Buat
lah struktur lewis dari C ,N, dan O
5. Susunlah
atom C , N dan O sehingga semua atom saling berikatan
6. Pastikan
semua atom dapat setabil dengan aturan oktet dan duplet
Konfigurasi N=.............
Konfigurasi O=...............
Konfigurasi C=...............
Struktur lewis N=
Struktur lewis H=
Rangkaian struktur setelah berikatan=.........................
Karena ada ........ elektron yang
di pakai bersama maka , ikatan yang terjadi pada HNO3 adalah
ikatan...........................................
|
Tabel
3 istrumen Pengamatan Perilaku saat presentasi dan diskusi
No
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
|
SKOR
|
SKOR
TOTAL
|
|
Menunjukan sikap Kerja sama
dalam kelompok
|
menunjukkan sikap kerja sama yang baik dalam kegiatan kelompok
|
1
|
|
menunjukkan sikap antusias dan atif aktif dalam dalam kegiatan baik kelompok
|
1
|
|||
|
Menunjukan sikap opan santun
|
menunjukan sikap sopan dalam menyanggah dan ketika bertanya,
|
1
|
|
menggunakan kata-kata yang
lembut dan tidak menyinggung dalam menyanggah dan ketika bertanya
|
1
|
|||
Tidak menunjukan sikap sopan
dan menggunakan kata-kata yang lembut dan tidak menyinggung dalam menyanggah
dan ketika bertanya,
|
0
|
|||
|
Menunjukan sikap saling menghargai
|
menghargai
pendapat teman dengan tidak membantah masukan yang di berikan
|
1
|
|
menerima semua
saran yang akan diberikan saat presentasi kelompok
|
1
|
|||
Tidak menunjukan
sikap menghargai pendapat teman dan menerima semua saran yang akan diberikan
saat presentasi kelompok
|
0
|
|||
|
Ketekunan/ keuletan dalam belajar baik secara kelompok maupun individu dalam menyelesaikan masalah
|
tekun/ulet dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
|
1
|
|
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.
|
1
|
|||
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
|
0
|
Tabel 4.
Pengamatan presentasi
No
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
|
SKOR
|
SKOR
TOTAL
|
|
Proses presentasi
|
Menunjukan
keseriusan ketika presentasi
|
1
|
|
Presentasi menggunakan kata
yang baik dan mengutamakan sopan santun
|
1
|
|||
Menunjukan kerja sama dalam
menghadapi pertanyaan dari kelompok lain.
|
1
|
|||
|
Hasil presentasi
|
Benar dalam menuliskan konfigurasi unsur pertama yang terlibat dalam ikatan
|
1
|
|
Benar dalam menuliskan konfigurasi unsur ke dua yang terlibat dalam ikatan
|
1
|
|||
Benar dalam menuliskan
struktur lewis unsur pertama yang
terlibat dalam ikatan
|
1
|
|||
Benar dalam menuliskan
struktur lewis unsur ke dua yang
terlibat dalam ikatan
|
1
|
|||
Benar
dalam merangkap struktur lewis setelah berikatan
|
1
|
|||
Benar dalam menentukan jenis
ikatan
|
1
|
0 comments for "Contoh RPP kurikulum 2013 meteri ikatan kimia"
Post a Comment